Timnas Indonesia U-23 Berpesta Sembilan Gol Tanpa Balas ke Gawang China Taipei dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024/Doc.Timnas Indonesia
Timnas Indonesia U-23 Berpesta Sembilan Gol Tanpa Balas ke Gawang China Taipei dalam Kualifikasi Piala Asia U-23 2024/Doc.Timnas Indonesia

Nusantaramedia.co.id - Timnas Indonesia U-23 memulai kampanye kualifikasi Piala Asia U-23 2024 dengan penampilan mengesankan, mencetak sembilan gol tanpa balas ke gawang China Taipei dalam laga pertama yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (09/09/2023).

Pertandingan dimulai dengan dominasi Timnas Indonesia sejak babak pertama. Mereka mampu mencetak lima gol, mengendorkan tempo serangan dalam sepuluh menit pertama. Gol pertama datang dari tendangan pojok yang berhasil dimanfaatkan oleh Arkhan Fikri pada menit ke-10. Gol-gol berikutnya dicetak oleh pemain seperti Elkan Baggot, Marselino Ferdinan, Hokky Caraka, dan Pratama Arhan.

Babak kedua tidak melihat adanya penurunan intensitas dari Timnas Indonesia. Elkan Baggot mencatatkan namanya di papan skor lagi dengan tandukan yang baik setelah tendangan pojok Arkhan Fikri pada menit ke-55. Marselino Ferdinan menggandakan pundi golnya dengan aksi individu brilian dua menit kemudian.

Pergantian pemain juga berdampak positif bagi Timnas Indonesia. Hokky Caraka, yang masuk sebagai pengganti, hampir menambah gol pada menit ke-61. Kemudian, pada menit ke-78, Muhammad Fajar Fathurrahman mencetak assist untuk gol Hokky Caraka yang membuat skor menjadi 8-0.

Pratama Arhan, yang menggantikan kapten Rizky Ridho, ikut mencatatkan namanya di papan skor dengan gol pada menit ke-84. Meskipun ada hadiah penalti pada menit-menit akhir, Rafael Struick gagal menjalankan tugas sebagai algojo, sehingga skor tetap 9-0 untuk keunggulan tim tuan rumah.

Pertandingan ditutup dengan nyanyian lagu kebangsaan "Tanah Airku" yang dinyanyikan oleh lebih dari 14.500 penonton yang memenuhi Stadion Manahan, Solo.

Kemenangan ini membawa Indonesia ke peringkat pertama di klasemen Grup K dengan 3 poin, menggeser Turkmenistan yang memiliki poin yang sama namun kalah selisih gol.

China Taipei, sementara itu, mengakhiri petualangannya dengan catatan yang buruk, kebobolan 13 gol dan tidak mencetak satu gol pun.

Pertandingan terakhir Indonesia dalam kualifikasi ini akan menjadi penentu, ketika mereka menghadapi Turkmenistan di Stadion Manahan, Solo pada Selasa (12/9) pukul 19.00 WIB. Hasil pertandingan ini akan menentukan siapa yang akan menjadi juara grup atau berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei tahun depan.

Meskipun gagal menjadi juara grup, Indonesia dan Turkmenistan masih memiliki peluang untuk lolos ke putaran final sebagai salah satu dari empat runner-up terbaik dari 11 grup yang ada.

 

(Efrian Pratama)