Kecelakaan di Pendakian Kodok, Truk Fuso Tabrak Minibus Xenia di Jalan Lintas Sumatera/Doc.@akbar_ghaza
Kecelakaan di Pendakian Kodok, Truk Fuso Tabrak Minibus Xenia di Jalan Lintas Sumatera/Doc.@akbar_ghaza

AGAM, Nusantaramedia.co.id - Kecelakaan mengerikan terjadi di Jalan Lintas Sumatera Bukittinggi-Medan, tepatnya di Jorong Batang Palupuah, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Agam. Peristiwa tragis ini melibatkan sebuah truk fuso dan sebuah minibus xenia, yang terjadi persis di Pendakian Kodok pada malam Minggu, 17 September 2023, sekitar pukul 22.50 WIB.

Salah satu saksi yang berada di lokasi, Naufal Aditya, memberikan keterangan tentang kronologi kecelakaan ini. Menurutnya, kecelakaan tersebut berawal saat truk roda sepuluh datang dari arah Medan. Pada saat yang sama, satu unit mobil minibus juga datang dari arah Medan. Saat keduanya tiba di TKP yang merupakan tanjakan panjang, truk mengalami masalah teknis dan gagal untuk melanjutkan perjalanan menanjak.

"Truk fuso mundur menabrak sebuah minibus yang ada di belakang truck," jelas Naufal Aditya.

Beruntung, sopir minibus berhasil selamat dalam kejadian ini, meskipun mobil minibus tersebut mengalami kerusakan serius. Hingga tengah malam, proses evakuasi kendaraan masih berlangsung, dengan minibus terbalik dan terjepit di bawah badan truk.

Kecelakaan ini menjadi peringatan penting tentang pentingnya keamanan lalu lintas di tanjakan-tanjakan berbahaya seperti Pendakian Kodok. Pihak berwenang diharapkan untuk memastikan keamanan jalan dan memberikan peringatan yang cukup kepada pengemudi kendaraan besar untuk menghindari kejadian serupa di masa mendatang.

 

(Efrian pratama)