Universitas Andalas Mengukuhkan Tiga Guru Besar Tetap dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik dalam Upacara Spesial/Dok.unand.ac.id
Universitas Andalas Mengukuhkan Tiga Guru Besar Tetap dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik dalam Upacara Spesial/Dok.unand.ac.id

PADANG, Nusantaramedia.co.id - Universitas Andalas (UNAND) menggelar upacara pengukuhan tiga guru besar tetap dari Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Teknik (FT) pada Selasa (26/9) di Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis, Padang. Upacara ini merupakan sebuah momen istimewa bagi UNAND dan dunia akademik.

Pengukuhan ini ditandai dengan pemasangan kalung kehormatan oleh Ketua Dewan Profesor, Prof. Apt. Marlina, yang disaksikan langsung oleh Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, SH, MH.

Ketiga Guru Besar yang dikukuhkan berasal dari dua fakultas yang berbeda, yaitu Prof. Ikhwana Elfitri M,T., Ph.D, dari Fakultas Teknik (FT) dengan bidang keahlian dalam Ilmu Teknik Telekomunikasi, Prof. Dr. Eng. Febrin Anas Ismail, M.T dari FT yang mengkhususkan diri dalam Ilmu Mekanika Teknik dan Rekayasa Struktur, serta Prof. Dr. dr. Yuliarni Syafrita, Sp.N(K) dari Fakultas Kedokteran (FK) dengan bidang keahlian dalam Ilmu Neurologi.

Prof. Ikhwana Elfitri M,T., Ph.D, memberikan orasi ilmiah dengan tema "Transformasi Digital Pada Teknologi Pengolahan Suara: Tinjauan Dalam Usaha Peningkatan Kualitas". Sementara itu, Prof. Dr. Eng. Febrin Anas Ismail, M.T. memaparkan topik "Local Wisdom Dalam Mitigasi Bencana Studi Kasus: Rumah Masyarakat di Minangkabau". Terakhir, Prof. Dr. dr. Yuliarni Syafrita, Sp.N(K) menyampaikan materi berjudul "Mengenal Fungsi Kognitif Terkait Usia Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup".

Rektor UNAND, Prof. Dr. Yuliandri, MH, menyatakan bahwa pengukuhan guru besar ini merupakan pencapaian luar biasa yang perlu disyukuri. Ia menekankan bahwa gelar profesor tidak boleh mengubah esensi seseorang sebagai ilmuwan. "Jabatan guru besar membuat kita makin merendahkan diri dan tawadhu. Kerendahan hati adalah buah dari kedalaman pengetahuan seseorang. Sejalan dengan itu, integritas pribadi yang tinggi harus menjadi landasan bagi semua kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh kita semua sebagai insan akademik," ujar Prof. Yuliandri.

Ia juga berharap para guru besar akan terus berdedikasi untuk kemajuan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, serta terus berkarya dalam mewujudkan cita-cita menjadikan Universitas Andalas sebagai universitas yang berperan aktif dalam pembangunan bangsa.

Upacara pengukuhan ini juga dihadiri oleh Rektor Universitas Baiturrahmah, Prof. Musliar Kasim, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Afrineldi, S.H, Dekan se-lingkungan UNAND, keluarga, kolega, alumni, dan undangan lainnya yang turut merayakan prestasi luar biasa dari tiga guru besar UNAND yang baru dikukuhkan.

 

(Ari Saputra)