Ular Piton 3,5 Meter Muncul di SPR Plaza Padang, Evakuasi Cepat Oleh Damkar/Dok.damkar padang
Ular Piton 3,5 Meter Muncul di SPR Plaza Padang, Evakuasi Cepat Oleh Damkar/Dok.damkar padang

PADANG, Nusantaramedia.co.id - Sebuah peristiwa yang menggegerkan terjadi di Sentral Pasar Raya (SPR) Plaza Padang sekitar pukul 06.08 WIB. Seekor ular piton dengan panjang sekitar 3,5 meter muncul di kompleks SPR Plaza Padang, menimbulkan kepanikan di antara pengunjung dan karyawan di area tersebut. Rabu (27/09/2023).

Kepala Bidang Operasi (Kabid Ops) dan Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang, Sutan Hendra, memberikan informasi mengenai peristiwa ini. "Ular piton ini panjangnya sekitar 3,5 meter," ujar Sutan. Ia menjelaskan bahwa ular ini pertama kali dilaporkan oleh seorang petugas satuan pengamanan (Satpam) bernama Suardi yang berusia 50 tahun. "Saksi melihat ular di depan SPR Plaza, tepatnya di bawah tangga, dan kemudian melaporkan ke kami," tambahnya.

Meskipun peristiwa ini menciptakan ketegangan di antara para pengunjung, Sutan Hendra memastikan bahwa tidak ada korban jiwa saat evakuasi ular tersebut. Evakuasi ular piton dilakukan dengan sangat cepat dan dilibatkan delapan personel Dinas Damkar Kota Padang yang terlatih. Dugaan sementara menyatakan bahwa ular piton ini mungkin berasal dari got atau parit yang berada di sekitar SPR Plaza.

"Dugaan sementara itu, saat ini ular sudah kami evakuasi," tutur Sutan Hendra. Kejadian ini memperingatkan akan pentingnya menjaga keamanan di kompleks perkotaan dan mengantisipasi kemungkinan kemunculan hewan liar di tengah kota. Pihak berwenang akan terus menyelidiki asal-usul ular piton ini untuk mencegah kejadian serupa terjadi di masa depan.

 

(Efrian Pratama)