Pembangunan Tol Ruas Pekanbaru – Dumai Seksi 4 Keleebih Bayar Sebesar Rp5,6 Milliar Lebih
Pembangunan Tol Ruas Pekanbaru – Dumai Seksi 4 Keleebih Bayar Sebesar Rp5,6 Milliar Lebih

PADANG, Nusantaramedia.co.id - Pekerjaan Pekerjaan Pembangunan Tol Ruas Pekanbaru- Dumai Seksi 4 terdapat kelebihan bayar  sejumlah Rp5.641.826.886.

Hal tersebut diketahui dari  hasil Audit BPK atas fisik di lapangan bersama-sama dengan PT HK, Kontraktor, dan Konsultan Pengawasan atas pekerjaan jalan tol ruas Pekanbaru – Dumai Seksi 4 (Kandis Utara – Duri Selatan) dilakukan pada tanggal 18 s.d. 20 Juni 2022.

Berdasarkan hasil ypengujian, diketahui terdapat permasalahan yang mengakibatkan kelebihan bayar  sejumlah Rp5.641.826.886

1) Terdapat kelebihan pembayaran pekerjaan galian biasa untuk timbunan sebesar Rp3.056.618.009 Berdasarkan hasil pengujian dokumen backup data kuantitas, as built drawing, dan pemeriksaan fisik di lapangan diketahui bahwa pekerjaan galian biasa untuk timbunan terdapat deviasi. Volume pekerjaan galian biasa untuk timbunan yang semula sebesar 868.103,45m3 turun menjadi sebesar 774.775,36m3. Penurunan volume pekerjaan galian biasa untuk timbunan tersebut disebabkan perhitungan volumenya belum dikurangi dengan beberapa pekerjaan lain yang beririsan dengan pekerjaan tersebut.

2) Terdapat kelebihan pembayaran pekerjaan common borrow material sebesar Rp1.267.898.565 Berdasarkan hasil pengujian dokumen backup data kuantitas dan as built drawing dibandingkan dengan hasil pemeriksaan fisik di lapangan pada volume pekerjaan common borrow material (5-10km), common borrow material (10-15km), dan selected borrow material (sirtu) terdapat selisih volume. 

3) Terdapat kelebihan pembayaran pekerjaan lapis pondasi agregat kelas A sebesar Rp834.479.630 Berdasarkan hasil pengujian dokumen backup data kuantitas, as built drawing,dan pemeriksaan fisik di lapangan diketahui terdapat volume pekerjaan lapis pondasi agregat kelas A belum dikurangi dengan volume saluran DS-3A. Pekerjaan lapis pondasi agregat kelas A volume semula sebesar 405.612,34 m3 berkurang menjadi sebesar 404.660,52m3.

4) Terdapat kelebihan pembayaran pekerjaan asphalt treated base course dan aspal sebesar Rp60.876.083 Berdasarkan hasil pengujian dokumen backup data kuantitas, as built drawing,dan pemeriksaan fisik di lapangan terhadap pekerjaan asphalt treated base course pada STA 51 + 100 s.d. STA 67 + 350 terdapat selisih ketebalan. 

5) Terdapat kelebihan pembayaran pekerjaan beton struktur sebesar Rp421.954.597 Berdasarkan hasil pengujian dokumen backup data kuantitas, as built drawing, dan pemeriksaan fisik di lapangan diketahui terdapat selisih volume pekerjaan beton struktur. Pekerjaan beton struktur kelas B-1-5 (pelat beton bertulang di atas tiang pancang), beton struktur kelas B-1-8 (gorong-gorong), beton struktur kelas B-1-9, dan beton kelas C-1 volumenya belum dikurangi dengan volume tiang pancang yang beririsan dengan volume beton tersebut.

 

(Ismil Husni)