Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), Mengomentari Langkah Cak Imin dalam Pemilihan Presiden 2024/Doc.tangkapan layar
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), Mengomentari Langkah Cak Imin dalam Pemilihan Presiden 2024/Doc.tangkapan layar

Nusantaramedia.co.id - Salah satu tokoh politik yang memberikan tanggapan terhadap duet calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Anies Baswedan adalah Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas). Dalam acara Peningkatan Kapasitas Politik Anggota dan Calon Legislatif (Caleg) PAN di Kalimantan Barat, Zulhas menyampaikan komentarnya terkait langkah politik Cak Imin.

"Nanti PAN ke sini, PKB ke sini, Demokrat ke sini, haknya masing-masing. Cuma kemarin tuh kita kan satu rombongan sama PKB. Cak Imin ini belok, kalau rombongan mobil bareng-bareng ini beloknya nggak ngasih sein," ujar Zulhas dalam sambutannya.

Zulhas merujuk pada kejutan yang dihadirkan oleh Cak Imin dengan berduet bersama Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Ia menggambarkan situasi tersebut dengan analogi mobil yang tiba-tiba berbelok tanpa memberikan isyarat lampu sein.

"Ya kalau lampunya mati, mbok ngasih tanda dengan tangan, ini belok nggak ngasih-ngasih sein," tambah Zulhas dengan nada canda.

Meski memberikan komentar tersebut, Zulhas tetap menghormati langkah politik yang diambil oleh Cak Imin. Baginya, langkah tersebut adalah hak dari PKB dalam berpolitik. Zulhas juga menyampaikan doa agar PKB bisa meraih kesuksesan dalam perjalanan politiknya menuju Pemilu 2024.

"Ya kita hormati hak partai politik," ungkapnya.

Komentar Zulhas ini menjadi salah satu tanggapan pertama dari tokoh politik terkemuka mengenai duet Cak Imin-Anies Baswedan yang telah menjadi sorotan sebelum deklarasi resmi mereka pada Sabtu (02/09/2023) di Surabaya. Langkah ini menambah dinamika dalam persaingan politik menjelang Pemilu 2024.

 

(Efrian Pratama)