Breaking News! Kaesang Pangarep Resmi Jabat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Gantikan Giring Ganesha
Breaking News! Kaesang Pangarep Resmi Jabat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Gantikan Giring Ganesha

Nusantaramedia.co.id - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengumumkan pergantian kepemimpinan pada acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) yang berlangsung meriah di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut, Kaesang Pangarep, putra dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), secara resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum baru PSI, menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang oleh Giring Ganesha. Senin (25/09/2023).

Pengumuman ini menjadi sorotan utama dalam acara Kopdarnas PSI, di mana 38 Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI naik ke atas panggung, dipimpin oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie. Grace Natalie dengan penuh semangat mengumumkan, "Mari kita sambut Ketua Umum baru kita, Bro Kaesang Pangarep."

Sontak, pengumuman ini disambut dengan antusiasme oleh ratusan kader PSI yang hadir di lokasi. Para kader PSI bersorak dan meneriakkan nama Kaesang dengan penuh semangat, "Hidup Kaesang!" Seruan tersebut diikuti dengan teriakan kader PSI yang kompak, "Bro Kaesang, Bro Kaesang, Bro Kaesang."

Sebelumnya, Giring Ganesha telah mengungkapkan bahwa ia sendiri yang merekomendasikan Kaesang sebagai penggantinya dalam jabatan Ketua Umum PSI. "Mungkin bagi banyak elit politik, aneh jika seorang Ketua Umum malah merekomendasikan nama penggantinya," ungkap Giring dalam keterangan yang diterima Suara.com.

Meskipun keputusan ini diakui sebagai langkah yang tidak lazim, Giring mengungkapkan bahwa PSI berani melakukan hal yang berbeda dengan partai politik lain. "Mungkin tidak lazim, di tengah banyak partai yang posisi tertinggi partainya tidak berganti-ganti. Tapi faktanya di PSI begitu," tutur Giring.

Giring juga mengungkapkan bahwa komunikasi antara dirinya dan Kaesang telah berlangsung sejak tiga bulan yang lalu. Setelah pengumuman ini, Giring berencana untuk fokus pada persiapan untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. "Setelah ini saya akan fokus di Dewan Pembina sambil berjuang memenangkan kursi di Dapil Jawa Barat I untuk PSI," jelas Giring.

 

(Edo Putra)